Rabu, 12 Oktober 2011

Cara Mencegah Oestoporosis - Pengeroposan Tulang

Osteoporosis
Gerry yang pernah mengalami osteoporosis dan berhasil mengelolanya ini mengatakan, masih banyak orang Indonesia yang belum paham terhadap apa yang dimakan dan diminumnya akan berpengaruh kepada kesehatan tubuhnya termasuk kesehatan tulang. “Padahal jika seseorang selama bertahun-tahun mengasup makanan dan minuman yang diketahui di kemudian hari memiliki dampak negatif, tentu hal ini akan merugikan,” ujarnya.
la menambahkan, “Osteo¬porosis bisa dibilang adalah penyakit tanpa keluhan atau gejala yang ada, sehingga tidak disadari oleh penderitanya. Sampai tiba dengan saatnya, penyakit ini memberikan rasa sakit di sekujur tulang punggung seperti yang pernah saya rasakan, dan akhirnya baru terbukti jika terkena osteoporosis.”
Pengeroposan tulang me¬mang membutuhkan waktu bertahun-tahun atau dalam periode yang lama, maka osteoporosis layak dimasukkan ke dalam penyakit kronis. Bisa saja penyakit ini terdeteksi saat rontgen untuk mendeteksi penyakit yang tidak berhu-bungan dengan osteoporosis.Maka tindakan preventif tidak bisa ditunda lagi, dan penerapan pola hidup sehat harus dijalankan mulai dari usia muda.

Preventif
Sebelum mengetahui diri-nya terkena osteoporosis, Gerry sempat merasakan keluhan sakit pada tulang punggung, rasa panas di tulang, ternyata hal ini me¬rupakan salah satu tanda terjadinya osteoporosis. Ditambah apabila postur tubuh membungkuk, dan mengalami penurunan tinggi badan sekitar 1-2 cm, hal ini patut diwaspadai dan harus dicegah agar kondisi tidak bertambah parah lagi.
Maka, Gerry pun menyarankan untuk melakukan penerapan pola hidup sehat, agar tidak tiba-tiba didiagnosa terke¬na osteoporosis, beberapa cara tersebut ialah dengan sadar terhadap faktor risiko yang dimiliki dan mengantisipasinya dengan makanan bergizi seimbang terutama dengan kandungan kaisium yang cukup setiap harinya. Untuk kandungan kaisium ini bisa didapatkan di sayuran, buah, ikan, ayam, telur, susu dan produk-produk olahannya dan juga dapat dibantu dengan mengonsumsi suplemen makanan dengan kandungan vitamin dan mineral yang cukup.
Dewasa ini ini juga semakin mudah menjaga kesehatan, antara lain dengan hadirnya suplemen makanan yang membantu menjaga kesehatan tulang secara lebih optimal. Misalnya saja, Nature’s Plus Bonower. Suplemen ini mengandung kaisium sebagai makanan utama tulang dan rangkaian mineral yang bersinergi terhadap proses penyerapan kaisium pada tulang. Mineral tersebut seperti boron, magnesium, fosfor, zinc, ditam-bah vitamin C, D, dan B6.

PENANGANAN DAN PENGELOLAAN OSTEOPOROSIS :
• Rutin mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dengan tambahan kalsium dari makanan dan suplemen makanan.
• Minum obat anti osteoporosis sesuai dengan anjuran dokter dan dosisnya.
• Olahraga ata aktivitas fisik yag teratur untuk meningkatkan kepadatan massa tulang rutin seminggu tiga kali dnegan durasi masing-masing 30 menit. Olahraga yang dianjurkan adalah jalan cepat.
• Terpapar sinar matahari yang rutin dan cukup untuk memperbaiki massa tulang, yaitu sekitar kurang dari jam 10 pag. Cukup terpapar 15-30 menit, dan tidak harus kena kulit, sehingga tidak perlu berpakaian seminim mungkin.
• Tindakan operasi dilakukan sebagai pilihan terakhir jika terjadi komplikasi osteoporosis.
FAKTOR RISIKO RENTAN OSTEOPOROSIS
Primer :
• Degeneratif (usia lansia) untuk pria dan wanita
• Wanita yang telah mengalami menopause
Sekunder :
Berkaitan dengan pola hidup seperti :
• Mengonsumsi obat-obatan dalam waktu lama seperti steroid, obat jantung. Disarankan untuk bijak dala mengonsumsinya.
• Perokok aktif
• Suka dan sering minuman jenis alcohol, soda dan kopi. Dianjurkan untuk minum kopi dalam sehari tidak lebih dari 3 cangkir
• Kurang beraktifitas fisik secara rutin dan teratur.

0 komentar:

Posting Komentar