Senin, 10 Oktober 2011

Ketombe dan cara menghilangkanya

Cara Mengatasi Ketombe
Berikut beberap Penyebab Ketombe di Rambut dari berbagai kondisi:
* Kulit Berminyak
Selain ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering, penyebab ketombe juga bisa terjadi pada kulit kepala berminyak. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat mengering, menebal dan menjadi serpihan yang disebut “ketombe”.
* Keringat
Melakukan aktivitas atau olahraga yang berkeringat juga bisa menyebabkan ketombe, apa lagi kalo kamu tidak berkeramas secara rutin, ketombe akan bersarang di rambut.
* Jamur
Bentuk tertentu dari ketombe juga diyakini disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Karena jamur ini tidak dapat dihilangkan sepenuhnya maka ketombe juga tidak dapat dibasmi habis, hanya bisa dikontrol.
* Faktor Penyebab Ketombe lainnya termasuk:
- Cuaca dingin
- Penggunaan semprotan dan minyak rambut
- Sampo yang tidak sesuai
- Bilasan sampo yang kurang bersih
- Jarang mencuci rambut (Keramas)
- Diet
- Stress
- dan gangguan hormon
Berikut hal-hal yang bisa dilakukan jika mengalami ketombe di rambut:
* Mengatasi Ketombe
Jangan abaikan ketombe karena hanya akan membuat pertumbuhannya lebih banyak. Hal ini menyebabkan gatal-gatal, sehingga kamu menggaruk kepala. Garukan kuat dapat menyebabkan kulit kepala terluka dan rentan terhadap infeksi.
* Berkeramas Secara Rutin
Semakin kamu sering berkeramas dengan sampo anti ketombe ringan, semakin sedikit ketombe yang kamu miliki. Jika perlu, berkeramaslah setiap hari dengan sampo tersebut untuk mengendalikan pertumbuhan ketombe.
* Mengganti Shampo
Jika sampo anti ketombe ringan tidak bekerja atau ketombe kamu makin parah, gunakan sampo/obat khusus anti-ketombe yang mengandung selenium sulfida, zinc pyrithione, asam sulfur/salisilat dan zat aktif lainnya untuk mencuci rambut kamu. Gunakan seperlunya saja karena obat ini cenderung berefek kuat.
Dengan mengetahui Penyebab Ketombe diatas, kamu bisa mencegah

0 komentar:

Posting Komentar