Minggu, 16 Oktober 2011

tips melawan malas dihari senin

Hari itu datang juga.   Senin. Buat kebanyakan orang, Senin jadi hari yang paling tidak dinantikan. Di hari itu, kita dihadapkan pada rutinitas kantor dan dibuat sadar bahwa hari libur sudah usai.  Sebagian besar penduduk yang berada di muka bumi ini menganut hari kerja mulai dari Senin, setelah libur di hari Minggu, bahkan ada juga yang sudah libur pada hari Sabtu.  Sementara itu di negara-negara Timur Tengah, hari kerja dimulai pada Sabtu - setelah libur Kamis dan Juma'at.  Di Israel lain lagi. Hari kerja justru dimulai dari hari Minggu.  Jum'at kerja setengah hari, sedangkan Jumat malam hingga Sabtu disebut hari Sabbath - hari suci buat umat Yahudi, penduduk mayoritas Israel.
        Di Indonesia, hari kerja dimulai Senin.  Saat hari itu datang, mungkin masih terngiang saat indah menikmati hari 




libur.  Ya, saat-saat  Anda lari dari rutinitas kantor, santai, berekreasi dengan keluarga, jalan atau aktivitas hobiis lainnya.  Namun disaat terbangun di pagi hari Senin, Anda merasa gelisah dan merasakan hal yang tidak enak pada tubuh maupun perasaan Anda.  Ada apa gerangan ? Bisa jadi Anda terserang "Mondayitis - padanan Indonesianya mungkin Seniningitis". Menurut situs Wikipedia, mondayitis sebuah kondisi badan yang tidak siap menghadapi hari kerja.  Namun kredibilitas penyakit ini masih dipertanyakan.  Penelitian menyebutkan, usai bersenang-senang dihari libur lalu kembali kerja di hari Senin meningkatkan tekanan darah.  Orang-orang yang tidak bekerja tidak merasakan hal tersebut.
        Namun tidak bekerja bukanlah hal yang tepat untuk membasmi rasa tidak enak pada hari Senin. Apalagi bila memikirkan tidak bekerja justru bakalan mendatangkan depressi yang lebih besar.  Jadi sebelum membuat keputusan menjadi pengangguran maka cobalah hal sebagai berikut:

1.  Bekerjalah untuk berakhir pekan, bekerjalah segiat mungkin sampai hari Jum'at.
2.  Memaknai hari minggu.  Jangan jadikan hari munggi sebagai hari terakhir libur Anda.
3.  Buat perencaan seminggu penuh, sehingga Anda tidak terfokus hanya pada hari-hari kerja maupun
     hari-hari libur.
4.  Jadikanlah hari Senin sebagai hari yang menyenangkan, jadikan Senin sebagai langkah awal kegiatan
    Anda di minggu tersebut.
5. Cari solusi atas masalah Anda. Tanpa mencari solusi atas maslah yang Anda hadapi akan membuat
   Anda stress.  Temukan alasan mengapa Anda malas bekerja dihari Senin, misalnya karena jarak ke
  tempat kerja yang jauh dsbnya, juga temukan sendiri jawaban atau solusi atas masalah yang Anda
  hadapi. Motivasi diri Anda untuk giat bekerja.
        Jika Anda telah mencoba cara-cara di atas namun tetap tidak bisa menghilangkan kerisauan menghadapi Hari Senin, mungkin Anda harus cari tempat kerja baru atau berganti profesi. Namun pikirkan masak-masak sebelum pindah kerja. Pikirkanlah Untung-Ruginya.

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/1873703-melawan-malas-di-hari-senin/#ixzz1b16LXduf

0 komentar:

Posting Komentar